DANA ABADI BALI

Yayasan Dana Abadi Bali adalah Yayasan Sosial yang murni lahir atas inisiatif dan kesadaran generasi muda Bali. Dengan berlandaskan rasa Jengah dan semangat ngayah untuk Bali, Yayasan Dana Abadi Bali hadir atas dasar kesadaran bahwa unutk membangun Bali tidak bisa hanya disandarkan kepada pemerintah semata. Generasi muda sebagai pilar pembangunan harus terlibat secara aktif. Untuk itu Yayasan Dana Abadi Bali lahir guna mewadahi semangat generasi muda yang ingin terlibat secara aktif dalam pembangunan Bali.

 

Yayasan Dana Abadi Bali bergerak dalam berbagai bidang meliputi Pendidikan, Sosial, Kemanusiaan, Lingkungan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Unutk memaksimalkan pencapaian tujuan, yayasan menuangkan semua program dalam Road Map Yayasan Dana Abadi Bali 2016-2021. Program yang dususun dalam Road Map dituangkan menjadi program Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang.

 

Menapaki masa awal berdiri, prioriatas dalam Yayasan Dana Abadi Bali adalah pembangunan SDM Bali, untuk itu yayasan menempaykan diri sebagai Umberlla Body (Payung Pelindung) dari beberapa komunitas pemuda yang ada di Bali. Adapun komunitas tersebut antara lain :

 

  1. Pro Bali Community : Komunitas ini fokus bergerak dalam bidang pengembangan bisnis dan sosiopreneurship dikalangan generasi Muda Bali. Komunitas ini menjadi mesin penggerak untuk menularkan semangat berwirausaha kepada generasi muda diseluruh Bali. Disamping itu komunitas ini juga diharapkan memberikan akselerasi bagi peningkatan perekonomian masyarakat Bali secara umum melalui sinergi bisnis yang terpadu dalam aksi sosial sebagai upaya mengurangi pengangguran di Bali. Sebagai langkah awal Pro Bali akan mluncurkan Gerakan 100 Rombongan unutk Bali dan pelaksanaan Pro Bali Award 2016.

 

  1. Bali CSR Watch Community : Komunitas ini fokus dalam memantau dan membuat database perusahaan-perusahaan yang dasar dan rutin menyalurkan dan CSRnya secara transparan maupun perusahaan-perusahaan yang tidak menyalurkan dana CSR perusahaannya kepada masyarakat Bali, sehingga terbukanya informasi ini benar-benar peduli terhadap Bali namun ada juga perusahan nakal yang perlu diingatkan bahwa mereka mencari keuntungan di Bali dan wajib hukumnya untuk diseleksi setiap tahun unutk diberikan Award kepada perusahaan-perusahaan yang telah menyalurkan dana CSR nya secara transparan dan akuntabel melalui penganugrahan Pro Bali CSR Award.

 

  1. Bali Jurnalistic Development Community : Komunitas ini bergerak untuk mewadahi generasi muda Bali yang memiliki minat dan bakat untuk minat dan bakat untuk menjadi Jurnalis, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa msing-masing sekolah di Bali rata-rata memiliki ekstrakurikuler jurnalistik sehingga kalau bakat ini bisa diwadahai secara optimal diharapkan Bali tidak kekurangan kader-kader jurnalis yang handal dan profesional dimassa mendatan. Komunitas ini secara khusus akan menggawai dan menerbitkan majalah Warta Pro Bali yang akan terbit setiap bulan.
  2. Bali Presenter Development Community : Komunitas ini bergerak untuk mewadahi generasi muda Bali yang memiliki minat dan bakat untuk menjadi presenter, berbagai acara dan event Bali memerlukan banyak presenter-presenter handal. Bali yang mendeklarasi diri sebagai pulau MICE ternama di dunia wajib mempersiapkan kader-kader terbaik dalam bidang presenter untuk merebut peluang besar yang ada di Bali. Untuk itu komunitas ini secara rutin tiap tahun akan menyelenggarakan acara pelatihan Presenter yang bekerja sama dengan beberapa stasiun Bali.

 

  1. Komunitas Pembaca Buku Bali : Komunitas ini hadir sebagai jawaban atas rendahnya minat baca buku dari generasi Muda Bali, perkembangan tegnologi dan informasi lebih mendorng masyarakat untuk membaca secara instan melalui sosial mesia seperti fb, dll yang belum tentu kebenarannya secara ilmiah. Membaca buku merupakan kunci untuk membuka jendela dunia, sehingga sangat perlu untuk ditumbuhkan di Bali. Nantinya dari komunitas ini akan melaksanakan program gerakan berbagi buku ke pelosok-pelosok daerah Bali.

 

  1. Bali Research Development Community : Komunitas ini menjadi wadah bagi generasi muda Bali yang memiliki minat terhadap dunia penelitian. Komunitas ini menjadi sangat penting untuk dikembangkan di Bali mengingat perhatian untuk bidang penelitian masih sangat rendah di Bali, padahal Bali sebagai tujuan nasional dan internasional. Sehingga nantinya dengan tujuan pariwisata tetapi rujukan dari penelitian-penelitian hebat sebagai the island of scince.

 

  1. Bali Think Thank Community : Komunitas ini adalah wadah bagi pemikir-pemikir muda Bali yang senang mengeksplorasikan ide-ide dan gagasan untuk Bali. Dengan ini nantinya akan dibuat sistem untuk menggali ide-ide yang konstruktif dan terukur dalam upaya mewujudkan pembangunan Bali secara teruntegrasi dan berkelanjutan. Bali Think Thank Community nantunya akan meluncurkan buku sejuta ide untuk Bali dan Indonesia.

 

  1. Bali Smile Communty ( Student Multi Language Communty ) : Adalah komunitas yang mewadahi anak-anak muda Bali yang gemar mempelajari banyak bahasa asing. Bali sebagai the isand of conference banyak membutuhkan anak-anak muda yang jago berbahasa asing dan mengusahi organizing acara. Sehingga dengan keberadaan komunitas ini diharapkan Bali tidak kekurangan kader yang bisa dilibatkan dalam event-event internasional di Bali, bukan hanya sebagai peserta tetapi juga sebagai penyelenggara even-even bekelas dunia. Targetnya nanti komunitas ini mampu menyelenggarakan acara World Student Summit 2017 in Bali.

 

  1. Bali Essay and Writing Community : Komunitas ini mewadahi anak-anak Bali yang berminat dan memiliki bakat untuk menulis. Bali harus melahirkan banyak penulis buku berkelas, sehingga dari sana dapat kita ketahui tingkat intelektualitas dari generasi muda Bali yang masih sangat minim minatnya untuk menulis buku. Target dari komunitas ini mampu menyelenggarakan program rutin Bali Essay and Writing Competition.

 

  1. Bali Art Community : Komunitas ini mewadahi 3 bidang yang digemari oleh generasi muda Bali yakni Tari, Musik dan Teater. Diharapkan dari komunitas ini nantinya dapat bersinergi dengan pemerintah melalui acara-acara yang diselenggarakan pemerintah secara rutin seperti PKB, Buleleng Festival, Denpasar Festival, dll. Sehingga generasi mudah terus dapat mengekresikan nilai seninya untuk dapat memberi manfaat tidak hanya bagi dirinya sendiri tapi juga bagi masyarakat secara luas sebagai upaya untuk melestarikan Budaya Bali secara terintegrasi dengan aktifitas generasi muda.

.

© COPYRIGHT DANA ABADI BALI 2015