Gerakan 100 Rombong untuk Melatih Wirausaha Siswa

FOTO: Perwakilan YDAB saat bertemu dengan Kepala Disperindag Provinsi Bali, Senin (6/6).

 

Gerakan 100 Rombong untuk Melatih Wirausaha Siswa

 

 

DENPASAR – Kumpulan anak muda Bali yang tergabung dalam Yayasan Dana Abadi Bali (YDAB) menggagas Gerakan 100 Rombong Bali Mandara. Seratus rombong ini akan menyasar SMA/ SMK se-Bali. Gerakan ini diharapkan menjadi ruang untuk melatih jiwa wirausaha para siswa SMA/SMK di Bali.

 

“Melalui rombong-rombong itu kita akan melatih wirausaha untuk siswa sejak dini. Mungkin siswa bisa bikin donat atau lain-lain, bisa berjualan di sana,” kata Ketua YDAB, Wayan Suantika, SH, M.Hub.Int, saat beraudiensi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali, Senin (6/6).

 

Suantika mengatakan, nantinya pengelolaan rombong ini akan melibatkan para siswa atau OSIS di sekolah setempat. Mereka akan dibekali dengan pelatihan kewirausahaan. Lanjut dia, melalui rombong-rombong tersebut sekaligus akan ada kampanye makanan sehat. Menurutnya, untuk mewujudkan generasi cerdas, maka makanannya tentu harus sehat dan bergizi. Kemudian melalui rombong tersebut juga ada kampanye cintai produk dalam negeri.

 

Selain itu, mengedepankan produk atau jualannya berupa produk lokal. “Misalnya dalam hal kuliner, untuk melestarikan jajan Bali hingga minuman seperti loloh yang merupakan produk-produk alami. Melalui rombong itu nanti akan ada pengawasan dari Dinas Kesehatan, Disperindag, maupun BPOM,” kata Suantika.

 

Sementara itu Kepala Disperindag Provinsi Bali, Ni Wayan Kusumawathi, SH, M.Si, menyampaikan pihaknya menyambut baik Gagasan 100 Rombong Bali Mandara ini. Untuk lebih memantapkan program ini, menurutnya tinggal dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali. Sehingga gerakan ini terintegrasi serta bisa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diharapkan. (sumber: POS BALI)

© COPYRIGHT DANA ABADI BALI 2015