Puluhan Pemuda Diberikan Pembekalan Wirausaha

FOTO: Narasumber saat memberikan pembekalan kewirausahaan kepada puluhan pemuda di Gedung PLUT, Denpasar, Minggu (6/3).

 

Puluhan Pemuda Diberikan Pembekalan Wirausaha

 

 

DENPASAR – Saat ini jumlah wirausaha di Indonesia dan di Bali khususnya masih amat kurang. Untuk itu Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Bali terus mendorong calon wirausaha muda. Seperti Minggu (6/3) kemarin dilakukan pembekalan kewirausahaan bagi 50 orang pemuda bertempat di Gedung PLUT, Sesetan, Denpasar.

 

Para peserta kegiatan ini adalah mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas dari beberapa kampus seperti Undiknas, Unud, dan PNB. Penyelenggaraan kegiatan ini bekerjasama dengan Komunitas Pro Bali di bawah naungan Yayasan Dana Abadi Bali (YDAB). Menghadirkan dua narasumber yakni Ketut Rai Sukerta (Kabid Bina UMKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali) dan  Anak Agung Rai Kartini (Widyaiswara dan sekaligus pengurus IWAPI Bali).

 

Ketut Rai Sukerta menyampaikan, pembekalan kewirausahaan ini merupakan tindak lanjut dari kelas inspirasi bisnis yang diselenggarakan dua minggu sebelumnya. Diharapkan dengan  pembekalan terus-menerus dan pendampingan berkesinambungan nantinya anak muda Bali semakin terpacu untuk menetapkan pilihan sebagai wirausaha. “Kami berkepentingan untuk menjembatani anak muda Bali agar entrepreneur di Bali tumbuh semakin banyak,” ujarnya.

 

Sementara itu Anak Agung Rai Kartini dalam kesempatan ini memberikan motivasi bisnis dan tips-tips bagi generasi muda untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses. Kata dia, untuk menjadi seorang wirausaha, anak muda harus fokus, siap mental, dan pantang menyerah. Karena beberapa faktor dan kendala, tidak semua bidang usaha yang digeluti selalu berhasil. Keputusan untuk berwirausaha bukanlah hasil dari paksaan atau bakat. “Harus ada keinginan besar dari dalam diri dan harus semangat,” katanya.

 

Sementara itu Ari Setia Sunari Merta dari Komunitas Pro Bali mengatakan, berterimakasih atas pembekalan yang diberikan oleh para narasumber. Pihaknya mengaku, pembekalan seperti ini sangat penting artinya bagi dirinya selaku anak muda untuk mempersiapkan diri menjadi wirausaha di masa depan. Dengan belajar dari para senior  yang telah berpengalaman, kata dia, akan memberikan pengaruh yang luar biasa bagi gairah dan semangat para pemuda untuk menekuni wirausaha.

 

“Kami senang sekali ada pihak-pihak yang memperhatikan. Pembekalan kewirausahaan bagi kami sangat penting. Semoga kegiatan ini bisa tetap berkelanjutan ke depannya,” ujar Sunari Merta didampingi Ketua YDAB, I Wayan Suantika, usai kegiatan. . (sumber: POS BALI)

© COPYRIGHT DANA ABADI BALI 2015